Monday, September 25, 2017

Pengantar Filsafat Ringan

pengantar filsafat mudah
Sinau Filsafat - Pengantar filsafat ringan, kenapa ringan? Karena tak bertele-tele dan singkat padat jelas. Tulisan-tulisan yang ada mengenai filsafat, definisinya masih tampak beragam. kata asal bahasa Yunani Phylosphia berarti "Cinta kepada Kebijaksanaan" atau "sahabat pengetahuan".


Ada yang membagi filsafat ke dalam dua konsep berbeda. Pertama konsep Analitis, Konsep penelitian logika, dan Kedua, konsep sintetis, konsep ramuan ke kesatuan sistem. Konsep Analitis beraspek metafisika, penelitian terhadap pungkas kenyataan, dan Epistemologi, konsep tentang asal-mula, keberlakuan dana batas pengetahuan. Konsep sintetis mempunyai aspek etika, studi tentang sifat dan kualifikasi moral, serta estetika, studi tentang nilai suatu keindahan seni.

Berthand Russel di dalam pengantar bukunya " sejarah filsafat dunia barat" menyatakan, bahwa filsafat bisa didefinisikan di dalam arti luas dan didalam arti sempit. Dia yang hanya membatasi diri dengan definisi dalam arti luas, filsafat berada antara teologi dan ilmu. Baginya teologi sampai sekarang belum ada ketuntasan yang ilmiah. Ilmu yang baginya memerlukan pemecahan rasional, bukan suatu yang otoriter baik yang bersifat tradisi maupun pewahyuan (apocalypse).

Menurut Bertrand Russel, semua pengetahuan yang tuntas tergolong ilmu, sedang teologi tergolong dogma yang berada diluar pengetahuan yang tuntas. Namun antara Teologi dan Ilmu terdapat "no man's land" (daerah tak bertuan di dalam peperangan) yang bisa dimanfaatkan untuk menyerang keduanya. Filsafat termasuk ke dalam "no man's land" katanya.

Di dalam arti sempit, filsafat lebih bayak ditampilkan orang sebabai "arguentum ad hominum", argumentasi subjektif menghadapi orang lain. di samping ada dampaknya, filsafat pada umumnya juga berupa komplemen penguraian tentang tafsir agama. Tanpa melibatkan diri dengan definisi yang masih berbeda-beda mengenai filsafat, di dalam blog ini (Sinau Filsafat) filsafat cukup diartikan dengan rumus umum yang sederhana. yaitu filsafat sebagai PANDANGAN DUNIA MENYELURUH.
Load disqus comments

0 comments